TANGGUNG
JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN - PT. ASTRA HONDA MOTOR
Pengertian
Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR)
adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan
adalah memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan,pemegang
saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek
operasional perusahaan.
CSR berhubungan erat dengan "pembangunan
berkelanjutan", di mana ada argumentasi bahwa suatu perusahaan dalam
melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata
berdasarkan faktor keuangan, misalnya keuntungan atau deviden melainkan juga
harus berdasarkan konsekuensi sosial dan lingkungan untuk saat ini maupun untuk
jangka panjang.
Peran - peran Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
1. Tanggung jawab terhadap Pelanggan
Tanggung
jawab perusahaan kepada pelanggan jauh lebih luas daripada hanya menyediakan
barang atau jasa. Perusahaan mempunyai tanggung jawab ketika memproduksi dan
menjual produknya, yang akan didiskusikan kemudian.
Cara Perusahaan Menjamin Tanggung Jawab Sosial kepada
Pelanggan, perusahaan dapat menjamin tanggung jawab social kepada pelanggannya
dengan beberapa tahap yaitu:
- Ciptakan kode etik. Perusahaan dapat menciptakan kode etik bisnis yang memberikan serangkaian petunjuk untuk kualitas produk, sekaligus sebagai petujuk bagaimana karyawan, pelanggan, dan pemilik seharusnya dipelihara.
- Pantaulah semua keluhan. Perusahaan harus yakin bahwa pelanggan mempunyai telephone yang dapat mereka hubungi apabila mereka mempunyai keluhan mengenai kualitas produk atau bagaimana mereka diperlakukan oleh para karyawan. Perusahaan dapat berusaha mencari sumber keluhan dan harus dapat menyakinkan bahwa problem tersebut tidak timbul lagi.
- Umpan balik pelanggan. Perusahaan dapat meminta pelanggan untuk memberikan umpan balik atas barang atau jasa yang mereka beli akhir-akhir ini, walaupun pelanggan tidak menghubungi untuk memberikan keluhan. Proses ini dapat mendeteksi beberapa masalah lain dengan kualitas produk atau cara perlakuan terhadap pelanggan. beberapa masalah lain dengan kualitas produk atau cara perlakuan terhadap pelanggan.
2.
Tanggung Jawab terhadap Karyawan
Bisnis
mempunyai sejumlah tanggung jawab terhadap karyawan. Pertama, mereka mempunyai
tanggung jawab untuk menciptakan lapangan pekerjaan jika mereka ingin tumbuh.
Perusahaan juga memiliki tanggung jawab terhadap karyawannya guna memastikan
keselamatan mereka, perlakuan yang semestinya oleh karyawan lain, dan peluang
yang setara.
- Keselamatan Karyawan
Perusahaan memastikan bahwa tempat kerja aman bagi karyawan
dengan memantau secara ketat proses produksi. Beberapa tindakan pencegahan
adalah memeriksa mesin dan peralatan guna memastikan bahwa semuanya berfungsi
dengan baik, mengharuskan digunakannya kacamata keselamatan atau peralatan
lainnya yang dapat mencegah terjadinya cedera, dan menekankan tindakan
pencegahan khusus dalam seminar-seminar pelatihan.
- Perlakuan yang semestinya oleh karyawan lain
Perusahaan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa karyawan
diperlakukan dengan semetinya oleh karyawan lain. Dua masalah utama berkaitan
dengan perlakuan karyawan adalah keragaman dan pencegahan terjadinya pelecehan
seksual.
3.
Tanggung Jawab kepada Pemagang Saham
(Investor)
Perusahaan
bertanggung jawab untuk memuaskan pemiliknya(para pemegang saham). Karyawan
dapat tergoda untuk membuat keputusan yang memuaskan kepentingan mereka sendiri
dan bukannay kepentingan pemilik saham. Misalnya saja, bebrapa karyawan
megambil uang perusahaan untuk kepentingan pribadinya dan bukan kepentingan
perusahaan. investor yang dikenal sebagai pedagang dalam telah memilihcara-cara
tidak etis untuk meningkatkan kesehatan financial mereka sendiri. Perdagangan
dalam (insider trading) melibatkan orang dalam yang menggunakan
informasi rahasia perusahaan untuk memperkaya diri sendiri atau keluarga dan
teman-teman mereka. Sebuah kasus yang terjadi pada Martha Steward, meskipun
Steward tidak pernah dituntut dengan perdagangan dalam, ia diputuskan bersalah
karena otoritas yang menyelediki kemungkinan adanya perdagangan sejenis.
4.
Tanggung Jawab terhadap Kreditor
Perusahaan
bertanggung jawab untuk memenuhi kewajiban keuangannya kepada kreditor. Jika
suatu perusahaan mengalami masalah keuangan dan tidak mampu memenuhi
kewajibannya, maka perusahaan tersebut harus menginformasikan hal ini kepada
kreditornya. Suatu perusahaan memiliki insentif yang kuat untuk memenuhi
tanggung jawabnya terhadap kreditor. Jika perusahaan tidak membayar utangnya
kepada kreditor, perusahaan tesebut dapat dipaksa pailit.
5.
Tanggung Jawab terhadap lingkungan
Kualitas lingkungan adalah kebaikan
public, dimana setiap orang menikmatinya tanpa peduli siapa yng membayar
untuknya. Jika suatu produk yang dihasilkan suatu perusahaan tentunya membawa
dampak negative tehadap lingkungan (pencemaran lingkungan) seperti, polusi
udara, tanah dan air.
Bukti Tanggung Jawab Sosial PT. Astra Honda Motor
1.
Sebagai
bentuk perhatian kepada para pengguna motor Honda, PT AHM menyiapkan pelayanan
dan kemudahan berupa mudik lebaran bareng Honda.
3.
Disediakannya Customer Care Analyst.
4.
Gratis service sebanyak 4 kali setiap pembelian motor selama 4 bulan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar